News & Article

Hyundai

Apa Itu Coating Mobil dan Seberapa Penting Bagi Mobil Anda

Senin, 01 Jul 2019 15:33
news1

Teknik melapisi cat mobil dengan coating sekarang ini sedang marak dan jadi tren di kalangan pemilik mobil. Akibatnya sekarang ini semakin banyak salon perawatan mobil yang terus berinovasi dengan produk-produk car care terbaru.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk melapisi Hyundai kesayangan Anda dengan coating ini sebaiknya simak dulu pengertian sebenarnya dari coating itu. Dalam perawatan bodi mobil sebenarnya ada beberapa teknik yang populer saat ini, yaitu waxing, nano coating, dan ceramic coating. Apa perbedaannya?

Waxing merupakan proses melapisi permukaan dasar cat dengan wax setelah dilakukan pemolesan. Waxing hanya bersifat melapisi permukaan dasar cat, untuk hasilnya cukup baik tapi ketahanannya tidak lama. Sementara nano coating adalah cara melapisi bodi mobil dengan cairan kandungan khusus berukuran nano. Nano coating memberikan proteksi lebih baik ke permukaan cat dibanding waxing karena melapisi hingga ke partikel berukuran nano.

Proses ceramic coating memberi perlindungan dengan cara melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan berkandungan keramik khusus. Ceramic coating ini memberikan proteksi paling baik dengan daya tahan yang lama. Namun jenis ini memerlukan cara khusus untuk mengaplikasikannya dengan biaya yang tidak murah.

Coating dengan nano ceramic menggunakan bahan cairan alica yang mana cairan ini saat mengering dapat mengeras dan berubah seperti kaca. Lapisan ini menutup pori-pori pada pernis mobil sehingga cat mobil terlindungi dan saat terkena air hujan tidak akan menempel pada bodi karena air langsung turun ke bawah.

Bahkan sekarang ada juga salon perawatan mobil yang menawarkan mineral sapphire coating. Diklaim merupakan teknologi coating tercanggih saat ini yang mempunyai sifat permanen dengan bahan nano sapphire untuk melindungi permukaan cat dari kontaminasi dan goresan, serta menghasilkan kilap yang luar biasa.

Proses coating bodi mobil dimulai dengan mencuci mobil sampai bersih. Kemudian kotoran atau mineral deposit yang menempel di bodi mobil dihilangkan menggunakan obat pembersih. Setelah itu memasuki proses pengangkatan minyak-minyak dari obat pada proses sebelumnya.

Setelah bersih barulah masuk pada proses coating dengan cara mengoleskan cairan alica pada bodi mobil secara keseluruhan, mulai dari kap mesin, bodi kanan kiri, dan belakang. Proses pengeringannya pun harus dilakukan dengan sinar infra merah agar merata. Setelah di-coating mobil dilarang kena air selama 3 hari agar proses coating sempurna dan tahan lama.

Nah, banyak yang salah kaprah di kalangan pemilik mobil bahwa jika sudah melakukan coating maka mobil tidak perlu dirawat lagi. Justru sebaliknya, malah harus sering melakukan perawatan agar coating pada mobil dapat bertahan bertahun-tahun. Jadi tetap tidak boleh malas mencuci mobil bahkan setelah dilakukan coating.

ARTIKEL LAINNYA


news1
Hyundai

Persiapkan Hal Ini Sebelum Pergi Mudik Dengan Mobil Pribadi

Read More
news1
Hyundai

Kapan Mobil Perlu Spooring dan Balancing

Read More
news1
Hyundai

Bolehkan Oli Mesin Diesel Digunakan pada Mobil Bensin

Read More
news1
Hyundai

Tips Memilih Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Mobil

Read More

RECOMMENDED


news1

Santa Fe Sport

Rp. 280.000.000

Read More
news1

I20 All New I-20 1.4 AT

Rp. 179.000.000

Read More
news1

Grand I10 GL

Rp. 90.000.000

Read More
news1

H1 Gasoline 2.4 Royale

Rp. 360.000.000

Read More