News & Article

Hyundai

Setelah Liburan, Begini Cara Merawat Mobil Agar Kembali Prima

Senin, 25 Mar 2019 10:43
news1

Tak terasa akhir tahun telah tiba. Bagi sebagian orang, ini adalah waktu yang tepat untuk pergi liburan menikmati pemandangan dan suasana yang tenang. Berbagai modal transportasi bisa digunakan untuk liburan, baik pesawat terbang, kereta api, bus, ataupun kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Nah, bagi yang menggunakan mobil pribadi, penting melakukan perawatan setelah digunakan berlibur. Hal tersebut, agar kendaraan kesayangan kembali prima setelah menempuh jarah yang jauh saat digunakan untuk berlibur. Berikut, perawatan untuk mobil kesayangan setelah liburan:

1. Cuci Mobil

Saat digunakan liburan, mobil pasti melewati berbagai kondisi jalan, mulai yang beraspal, berdebu, atau lumpur. Jika sudah begitu, sudah pasti mobil akan terlihat kotor, dengan berbagai kotoran yang menempel di eksterior mobil.

Selain itu, saat pergi bersama keluarga atau sahabat dekat, dan menempuh perjalanan yang jauh, sudah pasti melakukan berbagai hal di dalam mobil. hal tersebut pastinya akan membuat mobil kotor, mulai dari sampah sisa makanan, bungkus minuman, dan lain sebagainya.

Jadi, setelah pergi liburan, tidak ada salahnya memanjakan kendaraan kesayangan dengan mencuci mobil. Menghilangkan segala kotoran dan bau tak sedap di eksterior maupun interior mobil. Hal ini, sekaligus pengecekan jika mobil tergores batu atau benda lainnya, dan pastinya melakukan pemolesan.

2. Cek Kaki-Kaki Mobil

Setelah mencuci mobil, pemilik juga bisa sekaligus melakukan pemeriksaan kaki-kaki. Cek secara menyeluruh, apakah ada rembesan oli di bagian bawah mesin.

Selain itu, cek juga kondisi angin dan ban, apakah masih sesuai standar sebelum mobil digunakan kembali untuk aktifitas sehari-hari. Kalau perlu, lakukan spooring dan balancing jika memang setir mobil sudah terasa berat ke kiri atu ke kanan atau mobil sudah terasa bergetar.

Kemudian cek juga ban yang sering menghantam lubang, periksa baut-bautnya, karena selama perjalanan pasti tidak terasa jika longgar apalagi saat mobil melaju dengan kecepatan sedang atau tinggi.

3. Ganti Oli

Pelumas atau oli mesin memang menjadi hal yang penting untuk mobil. Namun, saat melakukan penggantia oli ini, cek juga jarak yang sudah ditempuh. Pasalnya, sebelum pergi liburan, pemilik pastinya sudah melakukan pergantian oli.

Jadi, lihat dahulu berapa kilometer yang sudah ditempuh saat liburan. Jika pemilik biasa melakukan pergantian oli setiap 5 ribu km, dan perjalanan liburan hanya menempuh jarak 1.500 km , berarti oli masih bsia digunakan 3.500 km lagi.

4. Rem

Melakukan pemeriksaan rem setelah liburan menjadi hal yang penting. Pasalnya, komponen ini salah satu piranti keselamatan paling penting dari sebuah mobil. Periksa juga minyak rem, pastikan tidak kurang dan kotor, karena bisa menurunkan fungsi rem di sebuah mobil.

5. Kelistrikan

Terakhir, bagian yang penting untuk diperiksa juga, adalah kelistrikan. Saat pergi liburan, pastinya mesin terus menerus dinyalakan dan dihidupkan, dan hal tersebut pastinya menggangu kelistrikan mobil. Jadi, sebaiknya periksa kelistrikan, sekaligus mencegah mesin panas atau overheat.

ARTIKEL LAINNYA


news1
Hyundai

Ketahui Letak Ban Serep di Mobil Hyundai

Read More
news1
Hyundai

Tips Mengemudi Jika Jarak Pandang Terbatas

Read More
news1
Hyundai

Perlukah Alat Pemadam Api Ada di Dalam Mobil?

Read More
news1
Hyundai

Punya Mobil Pintu Geser Elektrik, Begini Cara Perawatannya

Read More

RECOMMENDED


news1

H1 ROYALE 2.4 AT

Rp. 369.000.000

Read More
news1

Grand I10 Glx AT

Rp. 130.000.000

Read More
news1

Grand Avega GL AT NE

Rp. 145.000.000

Read More
news1

Tucson GLS

Rp. 195.000.000

Read More